KEMENAG KOTA BIMA SUKSES GELAR OLIMPIADE IBNU SINA

0
309

Kota Bima (kemenag), Dengan mengusung tema “Melalui HAB ke-72 Kita Tegakkan Nilai-nilai Integritas, Profesional, Tanggung Jawab, Inovasi dan Keteladanan, Sebagai Ruh Budaya Kerja Kementerian Agama”, Kantor Kementerian Agama Kota Bima menggelar Olimpiade Ibnu Sina dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-72 Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan  yang dihelat pada Ahad, 17/12/2017, serentak untuk semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA se- Pulau Sumbawa ini berjalan sukses.

Olimpiade Ibnu Sina merupakan kegiatan terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan HAB Kemenag ke-72. Kompetisi yang menguji bidang akademik ini diadakan di 3 lokasi, yakni: tingkat MI/SD di MIN Kota Bima, tingkat MTs/SMP di MAN 2 Kota Bima, dan tingkat MA/SMA di MTsN 1 Kota Bima.

Untuk Tingkat MI/SD ada 5 mata pelajaran yang diperlombakan yakni IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan Agama. Tingkat MTs/SMP ada 5 mata pelajaran yang diperlombakan yakni: Matematika, Fisika, Biologi, IPS, Agama. Sementara untuk Tingkat MA/SMA, ada 7 mata pelajaran yang diperlombakan yakni Fisika, Kimia, Biologi, Agama, Matematika, Geografi, dan Ekonomi.

Keterangan Ketua Panitia HAB, Drs. H. Furqan Ar Roka, tak hanya dikhususkan untuk siswa-siswi madrasah, tapi terbuka juga untuk siswa-siswi dari sekolah umum. Respon para peserta dari sekolah umum sangat antusias. Jumlah peserta yang mengikuti Olimpiade Ibnu Sina tahun ini ada 1.350 orang dengan perincian: tingkat MI/SD sebanyak 473 orang, tingkat MTs/SMP sebanyak 357 orang dan tingkat MA/SMA sebanyak 520 orang.

Alhamdulillah, Olimpiade Ibnu Sina dalam rangka HAB Kemenag telah berjalan sukses. Antusiasme siswa untuk ikut berkompetisi cukup tinggi, rata-rata setiap sekolah mengirimkan siswanya. Tujuan olimpiade mata pelajaran ini adalah untuk mengasah kemampuan siswa. Siswa jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri sehingga mereka siap untuk berkompetisi. Harapannya melalui ajang seperti ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan sekolahnya masing-masing. Disamping itu, hal ini sebagai bukti kehadiran Kemenag di berbagai daerah dikarenakan sekolah agama bukan lagi sebagai sekolah alternatif, tapi telah dijadikan sekolah tujuan utama”, ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bima ini.

Lebih lanjut Ketua Panitia menjelaskan bahwa pengumuman hasil lomba akan dilakukan secara online melalui website masing-masing madrasah penyelenggara. Setiap peserta diberikan piagam penghargaan karena turut berpartisipasi sebagai peserta olimpiade dan langsung diserahkan usai lomba. Sementara untuk peringkat 3 besar akan diberikan hadiah berupa uang tunai.    (Nurrosyidah Yusuf)

Mari Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here