PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH BAGI ANGGOTA MAJELIS TAKLIM SE- KOTA BIMA

0
237

Kota Bima (Kemenag), 14 Desember 2017. Rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag Kota Bima terus bergulir, berbagai kegiatan telah selesai terlaksana. Para juara telah terpilih untuk setiap kegiatan dan olahraga yang di adakan dalam rangka peringatan HAB Kemenag Kota Bima. Hari ini menjelang pelaksanaan jalan santai untuk puncak kegiatan HAB, untuk pertama kalinya pada peringatan HAB Kemenag Kota Bima dilaksanakan Pelatihan Pengurusan Jenazah. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh anggota Majelis Taklim se- Kota Bima ini dilaksanakan di Aula FKUB kantor Kemenag Kota Bima.

Kegiatan di buka langsung oleh Ketua Darma Wanita Dra. H. Suhada A. Munir Dengan menghadirkan pemateri Hj. Siti Aisyah H. M. saleh yang menguasai langsung tentang tata cara pengurusan Jenazah.

Dra. Hj. Suhada A. Munir pada sambutannya mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pengalaman dan keprihatinan kami terhadap lingkungan dan masyarakat disekitar kita khususnya para muslimat diantara kita yang tidak mengetahui dan tidak mau terlibat terhadap pengurusan Jenazah. Berbagai alasan kita dengar, mulai dari rasa takut, tidak bisa bahkan dengan alasan tidak tau sama sekali dengan mengatakan itu hanyalah tugas orang-orang yang sudah dipilih dan punya pengalaman untuk itu. Lebih lanjut dikatakannya pengurusan jenazah ini merupakan Fardu kifayah melalui kesepakatan Jumhur para ulama, tapi banyak diantara kita yang belum mau melaksanakannya, kita terlalu banyak fokus hanya pada Fardu Ain untuk kepentingan diri kita masing-masing. Terakhir Suhada berharap melalui peringatan Hari Amal Bakti ke- 72 ini, kita mulai memberikan pelatihan rutin tentang kepengerusan Jenazah dan hari ini adalah awal untuk kita para Muslimat untuk bisa belajar dan memahami tentang pentingnya Kepengurusan Jenazah. Semoga setelah pelatihan ini para Ibu-ibu Majelis Taklim bisa langsung mempraktekkannya untuk masyarakat dilingkungan sekitar dan bisa melanjutkan dengan memberikan pelatihan seperti ini. Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat untuk diri kita semua. Demikian harapnya.

Drs. Furqan AR. Roka selaku ketua HAB saat ditemui ditempat terpisah mengatakan kegiatan dan pelatihan kepengurusan jenazah ini diprakarsai oleh seksi Bakti sosial dalam kepanitiaan Hari Amal Bakti Kemenag Kota Bima ke- 72. Dengan pelatihan ini diharapkan akan ada regenerasi khususnya para muslimat yang menguasai tata cara kepengurusan jenazah. Kejadian yang sering kita lihat dan alami dimasyarakat saat ada seorang muslimah yang meninggal pada satu wilayah, keluarga atau ahli waris merasa kesulitan mencari orang khususnya para ibu untuk mengurus jenazah, bahkan harus mencari di tempat lain di luar wilayah mereka. Furqan berharap dengan adanya pelatihan ini tidak ada lagi keluhan untuk masalah kepengurusan jenazah, dan hari ini melalui Kementerian Agama kita bisa memberikan pemahaman yang baik sehingga nantinya dapat bermanfaat dan bisa terus dilakukan kegiatan seperti ini untuk kedepannya. (Ichal)

Mari Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here