REKRUITMEN CALON PETUGAS HAJI TINGKAT KANTOR KEMENAG KOTA BIMA TAHUN 1439/2018 M

0
324

Kota Bima (Kemenag). Dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi jamaah haji seluruh Indonesia,  Kementerian Agama kembali mengadakan Rekruitmen bagi Calon Petugas Haji.  Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan menyiapkan petugas lebih awal sehingga diharapkan dapat menjaring petugas yang memiliki komitmen pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah sebagai tugas utamanya selama operasional haji. Petugas nantinya diharapkan dapat memenuhi harapan jamaah untuk dapat menjalankan ibadahnya secara baik dan benar guna menggapai haji mabrur.

Kota Bima yang merupakan salah satu bagian dari satuan kerja Kementerian Agama, hari ini bertempat di Kantor FKUB Kemenag Kota Bima ikut menjaring dan mengadakan rekruitment calon petugas haji yang diikuti oleh 11 orang peserta. Rektruitmen di awasi langsung oleh panitia pelaksana Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB Lalu Muhsan, S. Sos.

Rekruitmen dilakukan baik untuk petugas kloter yang menyertai jamaah maupun petugas non kloter yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Jamaah Ibadah Haji (PPIH) arab Saudi. Pola rekruitmen tahun ini dilakukan secara online dengan sistim Computer Assisted Test (CAT).

Menurut Ketua Panitia Hanan, S.Hi, rekruitmen secara online dan menggunakan Sistim CAT menjadi salah satu cara untuk menjaring petugas-petugas yang memiliki kompetensi baik dari sisi ibadah maupun dari sisi regulasi secara transparan dan akuntabel. Peserta akan disaring untuk mengukur pemahaman dan pengalaman sesuai dengan bidang tugas yang dilamarnya.

Lalu Muhsan, S.Sos selaku pengawas dari panitia pelaksana provinsi NTB mengatakan, Alhamdulillah pelaksanaan test rekruitmen petugas Haji baik itu TPIH maupun TPIHI yang dilaksanakan di Tingkat Kantor Kemenag Kota Bima berlangsung lancar dan tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan, tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Lebih lanjut dikatakannya bahwa pelaksanaan test ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, serta pengumumannya nanti pada tanggal 3 april 2018 di Kantor Kemenag Kota Bima. Sedangkan pelaksanaan test ditingkat provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 12 april 2018.

Tidak jauh berbeda dengan  pendapat diatas, menurut salah satu peserta test Drs. H. A. Farid mengatakan ujian ini dilaksanakan dengan sangat disiplin dan sangat ketat, mulai dari penataan ruang, pelaksanaan dan pembagian soal serta waktu pelaksanaan dilakukan tepat waktu dan sangat obyektif.

Melalui sistim CAT rekruitmen calon petugas haji dapat menggunakan smartphone berbasis android untuk mengerjakan ujian di layar handphone masing-masing. (Ichal)

Mari Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here